Selasa, 16 April 2013

TRIK DAN TIPS BELAJAR FISIKA

Fisika, Fisika, Fisika ...........................!!!!!!! masih saja jadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan siswa. Banyak siswa yang belum menyadari bagaimana cara belajar fisika yang benar, sehingga fisika itu terlihat sulit, padahal fisika senantiasa dijumpai setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Karena Siswa menganggap fisika itu hanya kumpulan rumus-rumus saja dan kurang menyadari bahwa fisika begitu dekat dengan kita, maka yang terjadi siswa kurang berprestasi dalam belajarnya. Dan lebih  Parahnya lagi siswa benci terhadap pelajaran fisika.

 Memang banyak yang mengatakan kalau Fisika sulit, dan saya juga pun mengatakan demikian. Mengapa Fisika itu dikatakan sulit? Itu karena banyak situasi tersendiri yang mengharuskan seseorang itu menguras pikirannya, tenaga, dst, untuk menyelesaikan permasalahan dalam Fisika. Karena itulah, fisika itu dikatakan sulit. Trus, bagaimana dengan mereka yang mengatakan bahwa Fisika itu mudah. Karena yang mereka maksud dengan mudah itu adalah "CARA BELAJARNYA". Adapun konten, atau isi Fisika, memang kompleks. Dibutuhkan analisa yang tajam, konsentrasi penuh, dan dari hal-hal termuat dalam aturan Fisika
Kali ini Sahabat Fisika akan menguraikan sedikit Tips-tips untuk belajar Fisika. Walaupun Tips ini terlihat sederhana, tapi Sahabat Fisika berharap semoga ini bisa membantu....... Aaamiiin !!!!!

1. Senangi Pelajaran Fisika, kemudian bertemanlah dengan pelajaran Fisika
           Perasaan senang akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar Fisika tanpa dilandasi rasa senang maka dalam diri kita akan timbul gaya tolak terhadap ilmu yang akan masuk, sehingga berapapun lama kita belajar maka kita tidak akan pandai Fisika. Ketika kita telah menyenangi Fisika, maka tanpa disadaripun kita akan berteman dengan Fisika. Kenapa kita harus berteman dengan Fisika? karena banyak peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan Fisika. Masa' tiap hari ketemu ko ndak berteman ???? heheheheheeh.........


2. Pahami terlebih dahulu pokok bahasan atau materi pokok yang akan dipelajari
        Maksudnya disini, pahami terlebih dahulu, apa yang akan kita dipelajari? Apa gunanya? Ada tidak relevansinya dengan kehidupan kita? Jika itu belum terjawab, tanyakan terlebih dahulu kepada guru; karena bisa jadi ada yang terlupa disampaikan. Atau bisa juga mencari informasi dari buku-buku atau bacaan lain. Karena, ibarat perang; masa kita nggak tahu kayak apa musuh yang akan kita hadapi. Karena semakin banyak kita mendapatkan informasi tentang musuh kita, kita akan mudah menundukannya, dan menjadikannya sebagai mitra kita untuk berkoalisi untuk menghadapi musuh lain. Iya Kan????
  
3. Jangan menghafal rumus, tapi pahami dari mana rumus itu berasal (konsepnya)
       Kita harus mengerti terlebih dahulu alur rumus dari konsep awal sampai menjadi rumus akhir. Tujuannya adalah supaya kita mengerti darimana rumus-rumus itu berasal, semenjak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir, kecuali beberapa rumus yang sudah merupakan definisi dan rumus ini biasanya sangat sederhana. Setelah kita mengerti rumus tersebut, adalah hal yang sangat mudah untuk menghapal rumus tersebut. Kita bahkan nantinya tidak perlu menghapal rumus tersebut lagi, karena akan terhapal dengan sendirinya.


       Rumus yang dihafal dan dimengerti darimana rumus  tersebut berasal akan mudah untuk selalu diingat dan dipanggil dari memori kita saat kita terlupa. berbeda jika menghafal rumus itu dengan membabi buta, akan terbolak-bali begitu kita akan mengingat-ngingat kembali.
Perlu Sahabat Fisika ketahui bahwa Keindahan Fisika itu sebenarnya terletak pada konsep, yang selama ini sering ditelantarkan. Dengan memahami konsep secara baik (dan benar), kita dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu Fisika. Dengan memahami konsep secara baik dan benar, rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah. Yakin dech...., jika kita telah mengerti konsep dengan baik dan benar, serta paham dengan penurunan dan aplikasi rumus itu, Percaya dan pasti pelajaran fisika adalah sesuatu yang selalu kita rindukan setiap hari (Rindukan saya juga bisa,,,,,, heheheheheh)

4. Latihan-latihan soal
             Kalau kita sudah mengerti  konsep, sudah paham alur rumusnya, perbanyaklah latihan-latihan soal. Usahakan mulailah dengan soal yang mudah kemudian bertahap menuju soal yang susah. semakin banyak kita latihan, semakin memudahkan kita untuk benar-benar memahami Fisika itu.



5. Teliti dalam memahami soal 
        Banyak konsep Fisika yang tersirat dalam soal dan terkadang kita tidak menyadarinya. Sehingga sering terjadi, siswa begitu senang mengerjakan soal karena yakin sudah benar tetapi ternyata salah. So, teliti terlebih dahulu soal yang diberikan sebelum Mengeksekusinya..... !!!!!



6. Katakan "Fisika itu Mudah"
        Dengan berkata Fisika mudah akan memberi sugesti 50 % untuk sukses. Bila kita berprasangka kalau fisika itu sulit, maka kita akan menemukan kebenaran bahwa fisika itu sulit, tetapi bila kita berprasangka bahwa Fisika itu mudah, maka InsyaAllah kita akan menemukan kebenaran bahwa Fisika itu mudah.



7. NIAT DAN BERDOA SEBELUM BELAJAR
        Ini yang paling penting. segala sesuatunya harus dimulai dengan NIAT dan BERDOA semoga apa yang akan kita pelajari akan terserap dalam memori ingatan kita.

Inilah yang bisa saya sarankan dalam belajar Fisika. Jika ada yang ingin menambahkan, atau tidak setuju, silahkan dikomentari. Semoga Bermanfaat.
SELAMAT BELAJAR FISIKA !!!!!

1 komentar:

  1. terima kasih utk tulisannya, sy pakai utk memotivasi ponakan saya yg merasa sulit belajar fisika

    BalasHapus